Jalan-jalan Hemat Part 2

19.31

Well well melanjuti postingan sebelumnya..

Dari Stasiun Poncol banyak tukang becak yang nungguin alias menyewakan jasanya untuk kami hehee.. Karena kami ga tau seberapa jauh jarak dari Stasiun Poncol ke Lawang Sewu, kami memutuskan untuk naik becak saja. Kebayang ga tuh gimana rasanya jadi tukang becak yang bawa 3 orang cewe yang beratnya lebih dari setengah kwintal?? Hahahaa.. Kalo saya sih santai aja, liat kanan-kiri, pemandangan kota Semarang yang memang masih asing buat saya. 

Setelah kira-kira 15menit, akhirnya kami menginjakkan kaki di Lawang Sewu, wisata bersejarah peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api. Disebut Lawang Sewu (pintu seribu) karena bangunan ini memiliki pintu yang banyak. Lawang Sewu menjadi terkenal karena "Dunia Lain", program reality show yang terkenal dengan uji nyali-nya. Untuk masuk Lawang Sewu akan dikenakan HTM sebesar Rp 10.000,- dan biaya sewa pemandu sebesar Rp 30.000,-. Memang agak mahal untuk ukuran sebuah museum. Mungkin karena Lawang Sewu tidak dikelola secara langsung oleh pemerintah, melainkan dibawah PT. KAI.

Semua yang masuk Lawang Sewu harus ditemani oleh satu pemandu wisata. Biar ga ilang dan nyasar kemana-mana kali ya hahaaa.. Tapi ada enaknya sih pake tour guide, kita jadi lebih ngerti sejarahnya seperti apa. Keliling sambil foto-foto, enak kan.. Difotoin pula sama tour guide-nya hehee ^^ Terus dikasih tau, kalo Lawang Sewu pernah dipakai sebagai lokasi shooting untuk beberapa film salah satunya Ayat-ayat Cinta. Beberapa scene seperti rumah sakit dan tempat perkumpulan mahasiswa mengambil lokasi disini. 

Bagian ini digunakan sebagai lokasi shooting film Ayat-ayat Cinta. 

Masuk ke dalam bangunan utama, rasanya dingin dan sejuk. Selain lantai satu dan lantai dua, ternyata Lawang Sewu juga punya lantai bawah tanah. Naah di baseman itulah dulunya digunakan untuk tempat penyerapan dan penampungan air, makanya kita ngerasa sejuk. Untuk bisa masuk kesana, dikenakan biaya lagi. Tapi saya lupa berapa, itu biaya untuk senter dan sepatu boot. Kami ga masuk karena memang pada ga berani hahaha.. Katanya kalo ke Lawang Sewu lebih seru malem-malem, biar berasa mistisnya. Gimana mau malem kalo siang-siang aja temen-temen saya pada ngeri sendiri?! Saya juga sih sebenernya, karena emang hawa disana itu agak beda apalagi kalo kita udah sampe di lantai dua! Hihiii..



Beberapa bagian Lawang Sewu telah mengalami renovasi.


Setelah puas berkeliling dan berfoto, pas banget waktu menunjukan pukul 3 siang, kami pun langsung cabut menuju Kudus karena takut kemaleman. Maklum belum ada yang tau medannya seperti apa, hanya berdasar pada patokan-patokan jalan heheee.. Kami memang tidak ada rencana untuk bermalam di Semarang. Ga ada persiapan, selain itu juga menghemat uang ahahaa.. Namanya juga kan jalan-jalan hemat ;) Perjalanan cukup membosankan, saya ga bisa tenang karena takut nyasar. Dan setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam, akhirnya kami sampai di Kudus. Nama daerahnya apa, saya juga kurang tau. Lupa tanya sama tante hehee..

Jalan-jalan saya masih terus berlanjut di next posting! Check it out ^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. keren banget tempatnya. oh ternyata syuting AAC disini toh. itu pintunya beneran 1000 ga sih ya ? tapi bener juga kalo ga pake guide bisa nyasar ga bisa pulang haha

    BalasHapus
  2. Iyaa ada beberapa scene yang shooting disini, kata tour guide nya sih begitu.. Tapi emang bener! Pintunya sih ga nyampe seribu, cuma karena banyak orang-orang nyebut nya gitu :)

    BalasHapus